Nih, instalasi pemasangan alat pembersih injektor sederhana
Pada motor injeksi, bila
injektornya kotor akibat mengkonsumsi bensin yang kurang bagus, dapat
mempengaruhi kualitas semprotan bensinnya. Efeknya, performa mesin bakal
menurun dan emisi gas buang jadi jelek.
Makanya beberapa pabrikan menganjurkan
agar komponen ini dicek dan diservis setiap periode tertentu. "Terutama
bila dirasakan performa motor mulai menurun. Kalau tidak, ya enggak
perlu," bilang Hariadi, Service Manager 2W PT Suzuki Indomobil Sales
(SIS).
Nah, untuk servis komponen ini pastinya
mesti keluarin biaya tambahan di luar servis rutin. Karena prosesnya
butuh alat khusus. Di beres alias bengkel resmi Suzuki, biasanya
dikenain Rp 30 ribu. Sedang di Yamaha sekitar Rp 50 ribu.
Proses bersihin deposit dari atas menuju lubang sembur
Kalau ente ingin hemat, bisa kok bikin
alat sederhana buat bersihin injektor. Cuma perlu 2 untai kabel
berlainan warna dengan panjang secukupnya, soket kabel kecil, aki (bisa
cabut dari motor), slang dengan diameter bervariasi serta carb atau
injector cleaner.
Namun sebelumnya pahami dulu kerja
injector ya. Menurut Sriyono, instruktur Astra Honda Training Center
(AHTC), di dalam injektor itu terdapat solenoid yang bekerja membuka dan
menutup lubang semburnya.
“Ketika ECM memerintahkan injektor untuk
menyemprotkan bahan bakar, ECM mengirim tegangan 12 volt dengan durasi
tertentu sesuai kondisi mesin yang dibaca oleh sensor-sensornya,” terang
Sriyono.
Proses bersihin dari arah yang berlawan, semprotannya lebih tebal
Dengan kata lain, agar solenoid bisa
bekerja membuka dan menutup, butuh tegangan 12 volt. Nah, alat buat
bersihin injektor sederhana ini prinsipnya hanya buat meyalurkan
tegangan 12 volt dan massa (ground) dari aki ke injector untuk
mengaktifkan selenoidnya.
Tapi, mesti diingat, karena kerja solenoid
itu mengandalkan medan magnet dari arus listrik tadi, “Mengaktifkan
selenoidnya tidak boleh lebih dari 15 detik. Karena kumparan magnetnya
bakal panas, yang bisa membuat injektor rusak,” wanti Sriyono.
Menyambungkan kabel ke terminal di injektor perlu soket kecil
Makanya Em-Plus pakai media tombol untuk
menyalurkan tegangan dari aki ke injektor. Sementara untuk menyalurkan
carb/injector cleaner ke saluran bensin di injektor, tinggal hubungkan
pakai slang. Tapi, pastikan sambungan slangnya rapat ya, jangan ada
kebocoran agar ada tekanan di dalam selang.
Baru deh mengoperasikannya, tinggal tekan
kenop carb/injector cleaner, sembari tekan tombol pada jalur kelistrikan
ke injektor sekitar 2 - 3 detik secara kontinyu. Nah, mengenai
instalasi dan hasil kerja alat sederhanya ini,
Submber (www.motorplus-online.com)
No comments:
Post a Comment