Setelah bahas karakter mesin m40, lalu bagaimana jika mesin ini mengalami kasar dan nglitik ? sedikit saya share pengalaman dengan tunggangan saya, pada waktu itu saya pun penasaran dengan camsahft dan komponen kepala silinder lainnya, pelan pelan saya buka dan ternyata terdapat camshaft pada silinder no 1 dan 2 sudah aus. Usut punya usut hal tersebut terjadi karena kelalaian saya menggati oli mesin dengan sae 20 - 50 dan tidak mengganti filter oli, dan akhirnya tidak ada aliran oli pada silinder 1 dan 2, Segera saya bongkar tanya kebengkel spare part menanyakan harga camshaft sekitar 1,5jt pada waktu itu, karena bujet lagi seret akhirnya punya ide untuk mengakali dengan biaya yang minim, alhasil saya hanya membubut camshaft supaya rata dengan no 3 dan 4 saya bawa ketukang bubut biayanya hanya 30rb untuk satu titiknya. saya anggap murah jika dengan membeli baru. akan tetapi tidak menjamin kekuatanya ya gan.
Sekalian dibubut komponen yang haus lainnya seperti rocker arm ( platuk ) Setelah selesai dan dipasang kembali, mesin menjadi halus dan bunyi ngiliknya hilang, dan jangan lupa ganti oli dan filternya yang rutin ya gan supaya tidak terjadi kembali. Jika anda kurang paham untuk menbongkar pasangnya serahkan kepada ahlinya ya gan dan jelaskan pengalaman saya diatas. Semoga bermanfaat ya gan.
No comments:
Post a Comment