Wednesday 8 July 2015

MOBIL BERGETAR SAAT MELAJU DIJALAN LURUS

Bikin puyeng dan pusing jika pada saat mobil sedang dalam kendala, apalagi menyangkut keselamatan perlu dipertimbangkan dengan cepat untuk mengatasinya.
Pernahkan anda merasakan getaran pada mobil anda saat melaju di jalan lurus. pengalaman yang saya alami adalah dengan BMW E36 ketika mobil melaju pada kecepatan 50 - 60 KPH mobil terasa bergetar dan oleng. seakan ada ban yang mau copot. getaran terasa pada kemudi dan body kendaraan pun ikut bergetar, kecurigaan saya mulai dari masalah pelek peang, balancing dan spooring.
yang petama saya lakukan adalah dengan balancing semua ban. ternyata tidak berhasil malah ditemukan pelek yang peang, jadi sekalian stel/press velgnya. dan ternyata hasilnya nihil.
kedua coba saya bubut piringan cakram barangkali ada yang tidak rata. dan ternyata sama saja.
ketiga saya belikan laher/bearing roda depan, dan ternyata setelah saya cek tidak ada yang oblak sama sekali malah dalam kondisi bagus,
cara terakhir browsing sana sini tidak menemukan artikel atau cara yang tepat untuk megatasi masalah tersebut, kebanyakan belum ada jawabannya.
hampir 1 pekan saya dibuat pusing, dan pada akhirnya, kecurigaan saya adalah pada busing/bos arm roda depan, akan tetapi saya masih bingung karena untuk membeli part tersebut cukup jauh harus keluar kota dan memakan biaya. dan kemudian ide kreatif muncul. Hanya dengan modal 15rb rupiah dan tool standar saya dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Caranya adalah :
1. Dongkrak roda depan kanan dan kiri. karena kita akan merepair keduanya.
2. Lepas roda.
3. Kendorkan baut pada busing  arm tersebut dengan menggunakan kunci ring 17. jika ada kesulitan membukannya anda dapat mengunakan palu, atau batang yang dapat memanjangkan kunci ringnya misalkan dengan pipa.
4. Setelah terbuka semua, baru anda cuci terlebih dahulu busing armnya supaya tidak ada kotoran yang menempel. ini mencegah supaya lem merekat dengan baik.
5. Setelah itu baru ada lem celah - celah yang terdapat pada karet busingnya, Dengan menggunakan lem silent/lem karet/auto sealer banyak dijual di benkel - bengkel, beli yang 70gram ya supaya cukup, semua sisi harus dilem sisi depan dan belakangnya bisa liat digambar. inget jangan di pasang dulu busingnya setelah dilem, biarkan sampai kering. dan menggantung saja.
6. Setelah semua sudah dilem  diamkan selama 24jam gan, supaya lem kering dengan sempunya, nah ditahap ini harus sabarnya. jangan buru2 mencoba kalau belum 24jam nanti akan berubah posisinya.
7. Nah setelah anda bersabar menunggu, baru saatnya anda mencoba dan rasakan perbedaannya.
8. Kalo sudah punya uang dan ada waktunya beli busing yang baru gan, murah kok cuma 150rb sepasang.
9. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 Gambar belum direpair
Gambar setelah direpair



No comments:

Post a Comment