Wednesday 8 July 2015

MOBIL BERGETAR HEBAT DAN BUNYI KLONTANG - KLONTANG

Pengelaman yang saya alami adalah ketika mengendarai bmw e36 adalah pada saat pergi berlibur kepegunungan. pada awalnya mobil dalam keadaan baik. ketika hampir sampai di puncak tiba - tiba terdengar suara besi jatuh ke aspal jalan. kira - kira bunyinya klontang - klontang diiringi suara besi diadu (sring -sring), waduh bingung banget, kemudian saya turun dan periksa dibagian bawah mobil, tidak terdapat benda apapun yang menyentuh tanah. Kemudian saya kembali jalan dan ternyata saat mobil saya laju dengan kecepatan 30Km/jam bunyinya masih ada dan malah mobil bergetar hebat. akhirnya saya memutuskan pulang dikahwatirkan ada terjadi apa2, dengan terpaksa mobil hanya bisa melaju 20Km/jam diatas itu mobil bergetar.

Sesampainya di rumah mobil saya parkir dan saya lihat bagian bawah mobil, dan ternyata ada ring propeler shaft yang lepas kalo ga salah namanya ring balancer. Jadi penyeimbang putaran propeler shaft menuju gardan. Efeknya mobil bergetar hebat saat melaju di kecapatan diatas 20km/jam. 

Nanya kebengkel sperpart dijakarta harga ring balancer tersebut 1,9jt, sadis amat cuma ring harganya lumayan, akhirnya di brilian muncul. tenyata ring tersebut hanya menempel dengan karet, setelah itu saya pasangkan kembali ketempatnya, tapi jangan lupa dilem supaya tidak mudah lepas lagi. dengan lem auto sealer 15rb perak masalah berres, dari pada pergi keberes kantong bolong.
Bagian yang dilingkari merah yang nanti akan dilem.



1 comment: