Thursday, 26 November 2015

PLUS MINUS BMW E46 FACELFIT MESIN N42



* FC nya brp ?
- Fuel consumption untuk N46 saya sekitar 1:11-1:12 (rekor pernah 1:14) pakai Shell Super Extra atau Pertamax+, rute kombinasi... untuk N42 seharusnya tidak jauh berbeda...


* Spare part mahal ?
- Sangat relatif... yang pasti jangan dibandingkan dengan spare part kijang atau avanza... BMW 2nd biarpun harga murah, tetap saja BMW... it's a premium sports car... kalau memang modal cekak, banyak part aftermarket yang harga jauh lebih murah dibanding harga part di bengkel resmi... tapi jujur saja, pengalaman saya urus E46 ini berlaku: ada harga ada kualitas... apalagi bengkel resmi kasih garansi 2 tahun tanpa batasan kilometer...

Saya kasih gambaran harga spare part di bengkel resmi:
- Set Shockbreaker depan + mounting shock (paket 3P) Rp 4 jutaan
- Set Shockbreaker belakang + mounting shock (paket 3P) Rp 2-3 jutaan

Tapi saya jarang mengalami problem dengan E46 ini... bandel koq Smile


* Apakah ada manual transmisi ?
- E46 dengan mesin N42 sudah tidak ada lagi yg manual...


* Shiftronic / triptronicnya bandel ?
- Bandel!! Tapi banyak rekan-rekan maupun anggota forum bimmer luar negeri yg rekomendasi untuk kuras oli matic setiap 100rb km apabila ingin dipakai jangka panjang (meskipun olinya kategori lifetime)... biaya kuras di bengkel resmi termasuk ganti filter matic sekitar 5 juta...


* Maukah minum premium (88) ?
- Yah kalau sang empunya paksa sih pasti mau ga mau E46nya minum premium bro... tapi risiko untuk jangka panjang sangat tidak ditanggung yah Smile Smile Smile... pake premium katanya sih ga ada gejala ngelitik karena knock sensornya bekerja baik... tapi performa pasti menurun drastis dan ujung2nya FC jg buruk... minimum yg direkomendasikan adalah RON 91 (pertamax / Shell Super)


* Kekurangan kelebihan lain dr type ini ?
Kekurangan:
- Bantingan/suspensi keras (tapi handling jadi mantap, bahkan perfect)
- Harus sering dipakai... kalau tidak, elektrikal rentan bermasalah...
- Cermati part ini (terkenal pernah / sering rusak di E46): bushing wishbone, expansion tank, regulator power window, evaporator AC
- Ruang driver dan kursi driver relatif sempit, mungkin kurang nyaman bagi yg bertubuh besar / gempal (tapi ini sangat subyektif, saya yg kurus kering saja merasa sempit)...
- Rewel terhadap modifikasi yg menggunakan part non genuine BMW... jangan berpikir untuk modif audio, lampu-lampu, atau hal lain yg berkaitan dengan kelistrikan untuk mobil ini... bila tetap berkeinginan kuat untuk modifikasi, serahkan ke workshop yang sudah pengalaman garap BMW atau memiliki produk standar tinggi untuk mobil eropa... saya bisa kasih rujukan via PM (kalau tidak nanti saya dibilang promosi terselubung... hehehehe)

Kelebihan:
- Handling mantap (imbas dari bantingan keras)
- Elektrikal tidak terlalu kompleks dibanding seri 5 & 7, jadi tidak perlu khawatir berlebihan
- Sangat irit di kelasnya... mobil mana lagi yg 2000cc yang bisa konsumsi BBM-nya 1:11 - 1:12?
- Banyak fans dan pemiliknya di dunia, mudah mencari informasi di berbagai forum dalam dan luar negeri.. dijual kembali pun mudah karena ini model yg sangat digandrungi kalangan muda...
- Model belum terlihat usang, seperti halnya model-model mobil eropa lainnya yang jarang ketinggalan jaman biarpun sudah puluhan tahun... lihat saja E36 sampai sekarang masih gahar Very Happy


Tambahan tips kalau mau adopsi E46 N42:

- Jangan mudah tergiur harga 2nd yang murah.... ingat prinsip ada harga ada kualitas... mungkin anda akan terpaku pada harga pasaran E46 N42 yang kisarannya kata orang harus 140-160 juta, lalu anda akan vonis MAHAL untuk E46 N42 yang harganya 180 juta... tapi percaya lah, selalu ada alasan kenapa orang jual murah dan kenapa jual mahal... yg 140 juta mungkin saja ada penyakit "terselubung" yang biayanya puluhan juta... sementara yg 180 juta hanya tinggal isi bensin saja, langsung wuuusshhh... sudah ga bisa dihitung pake jari deh teman saya yang beli E46 di harga pasaran atau lebih murah, tapi akhirnya keluar duit buanyak buat penyegaran sana-sini... bahkan sampai ada yg menyerah dijual kembali karena biaya gono-gininya tembus puluhan juta! (gardan dan komponen lainnya berkarat karena bekas banjir)

- Selalu check mobil yg ditaksir ke bengkel resmi sebelum transaksi... apabila penjual tidak berani untuk dibawa check ke bengkel resmi, lupakan saja... pasti ada masalah berat di mobilnya... ongkos check di bengkel resmi 200-300rb...

- PERHATIKAN betul apakah mobil itu bekas banjir atau tidak... elektrikal BMW jauh lebih kompleks dibanding mobil jepang... BMW bekas berenang = besi rongsok yang siap merongrong sampe titik dasar dompet anda...

- E46 terkenal akan rusaknya AC (terutama evaporator) dan expansion tank dari radiator... check apakah sejarah mobil itu pernah ganti evaporator AC atau expansion tank... evaporator yg rusak harus ganti total komponen AC yang biayanya tembus 11 juta di bengkel resmi (saya pernah mengalami ini)... expansion tank murah meriah, hanya 900rb di bengkel resmi... tapi kalau lalai menggantinya saat kerusakan masih dini, bisa berakibat engine overheat karena air radiator berkurang terus... biaya yg keluar pasti bikin hati pingin jual saja mobilnya...