Sunday, 22 November 2015

TIPS MERAWAT MESIN BMW E36 M40


Giliran kali ini saya ingin mencoba memberikan pengetahuan kepada agan - agan semua tentang bagaimana cara merawat mesin bmw kesangan anda khususnya pengguna E36 318 M40.

Merawat Mesin
Mesin mobil sudah didesain anti air atau dapat dicuci steam, tapi untuk e36 sepetinya agan harus pikir pikir dahulu karena umur mobil sudah tidak muda lagi jadi banyak komponen yang sudah mulai tidak rapat lagi seperti kabel2 dan part2 berbahan plastik lainnya. pengalaman saya ketika mesin mobil saya cuci alasil mesin mobil menjadi brebet dan tidak stabil dan pincang, hampir selama 2 minggu hal tersebut saya alami, semua sudah dipastikan kering akan tetapi masih ada air yang tidak terjangkau, setelah 2 minggu akhirnya mesin mobil kembali normal kembali.
Urusan mearawat mesin BMW M40 tidaklah sulit dan mesinnya pun simple, Karena masin menggunakan mesin semi injeksi, jadi kelistrikan mesinnnya belum ful elektik gan, masih menggunakan semacam distribotor untuk membagi arus ke tiap tiap businya. Berbeda dengan mesin M43 yang sudah full injeksi, Mesin BMW 40 bandel dan tidak rewel asalkan agan rutin mengganti oli maksimal 5000 s/d 8000 km dengan SAE 10 - 40 mesin ini sudah aman dipakai dan nyaman.
Nah kemudian jangan sampai terlupa dalam mengganti filter2 rutin, Seperti filter udara, filter ac, filter bensin ini wajib diganti ya, sepele tapi fatal jika tidak diganti. apalagi bila agan membeli mobil baru (2nd) wajib diganti semua gan.
Seiring bertambahnya umur, v-belt sudah mulai kendor dan pecah pecah nah ini komponen yang mesti anda ganti rutin juga murah ko gan ga nyampe jutaan, hanya ratusan ribu saja untuk 1 set, Lebih penting lagi agan mesti cek timing belt usia pakainya 20000km gan sekitar 2 tahun. timing belt sangat fatal jika sampai putus. bisa merusak semua komponen dalam mesin.

Sekian dulu ya gan ulasan merawat mesin, lanjut ke peratan part yang lainnya.