Friday, 20 March 2015

MASALAH REM BLONG / BUGEL / KERAS


Rem mobil adalah salah satu fitur keselamatan mobil anda, Bagaimana tidak jika dalam berkendara tiba - tiba rem anda blog gimana ?

Kini saya bahas cara mengatasi dan menganalisa masalah pada sistem pengereman mobil anda.
pertama kita harus analisa terlebih dahulu.

1. Jika terjadi rem blong penyebabnya adalah :

      - Minyak rem habis.

 Minyak rem habis akan mengakibatkan tidak adanya dorongan pada piston pada kaliper remnya. Anda cukup melihat batas minimal pada tambung minyak rem, Isi minyak rem sesuai petuntuk di atas tabung cadangan minyak rem, Ada 2 Tipe yang banyak digunakan DOT 3 & DOT 4, Jika tabung anda DOT 4 Maka anda bisa mengisi dengan DOT 3, akan tepati jika standarnya DOT 3 tidak boleh diisi dengan DOT 4

      - Selang rem putus atau bocor.
Selang rem putus atau bocor akan mengakibatkan keluarnya minyak rem.Cirinya adanya minyak yang kelaur dari sistem pengereman mobil anda, Kerusakan ini biasanya diakibatkan karena usia mobil anda sudah mulai tua.

      - Boster REM bocor


Sulit untuk mengaatasi masalah ini karena penyebabnya tidak banyak diketahui, cirinya adalah ketika rem anda di injak ada bunyi desis pada bagian ini, ini menandakan adanya kebocoran pada membran yang terdapat pada boster rem, Mengatasinya dan bisa repair di bengkel khusus mengani rem atau solusi paling cepat adalah mengganti dengan yang baru.

     - Kampas REM habis / Aus

Masalah ini yang paling banyak ditemukan karena kurang perhatian dan pengecekekan tentunya. Jangan sampai terlamabat menggantinya ya, karena akan mengakibatkan ausnya piringan/cakram remnya.bisa menguras dompet tuh gan.

2. Rem Keras atau Bugel

Rem Keras atau bugel penyebabnya adalah adanya sumbatan pada sistem rem anda, minyak tidak dapat bersirkulasi dengan baik sehingga menghambat kinerja rem. Penyebab berikutnya adalah :

- Katup satu arah, Katup ini terdapat diantara selang yang menghubungkan boster rem dengan sistem intek pada mesin mobil anda. Tugasnya adalah membuka dan menutup katup, yang akan memberikan tenaga pada boster rem anda dengan tenaga hisap dari mesin. Cirinya anda bisa lepas katup ini dan tiup dari kedua sisinya, pada sisi yang pertama misalkan bisa ditiup maka pada sisi yang kedua rapat atau tidak bisa ditup, Tanda panah arah pada katub ini adalah penujuk arah aliran anginnya. Harganya murah kok gan.


- Master rem kotor nah jika terjadi hal ini anda harus menguras semua minyak rem dan membersihkan master renmnya, jangan lupa di setiap kaliper pada masing2 roda juga dicek ya biar sekalian.

- Boster rem juga menpunyai peran penting jika terjadi REM keras atau Bugel, Yaitu terjadinya kebocoran.