Wednesday, 18 March 2015

RADIATOR OVER HEAT / PANAS


Wakwaw hari yang buat seseorang bikin pusing pada saat mobil anda Overheat / panas, ini terjadi pada sesorang teman yang menggunakan BMW E36 M43, Kebetulan sohib BMW ane gan, Ceritanya mobil terjadi overheat radiator meledak dan pecah tabung cadangan air radiator tersebut. Waduh memang bikin pusing dan kantong bolong nich gan.

Kemudian saya sarankan untuk ganti radiator, dicari - cari akhirnya ketemu radiator copotan yang masih berfungsi dengan baik, kemudian dipasangkan radiator tersebut pada mobilnya, ehhh malah masih overheat gan, ketika dibuka tutup air radiatornya dor . . . . . airnya menyembur keluar semua dengan  teperatur air mendidih gan ga tau persirs berapa, tapi kira - kira 100 derajat celcius mungkin.

Setelah dicari - cari browsing sana - sini, akhirnya dicoba satu - satu, ane isi lagi airnya sampai penuh kemudian dinyalakan mesinnya tanpa ditutup penutup air radiatornya, eh masih sama air keluar lagi.
Masih penasaran kemudian dibuka selang saluran keluar yang dari mesin ( sambil mesin nyala ) ternyata eh ternyata airnya ga ngalir gan. pantes aja jadi overheat. Liat gambar dibawah no 2 ya itu selang yang dibuka.

Sampai sudah ane vonis water pomp nya yang ga jalan. Hmmm bisa kuras kantong tambah dalem lagi nich, Tapi tenang aja, tenyata masalahnya di tesmostat yang tidak bekerja sebagaimana seharusnya, Kenapa ? karena termostat fungsi utamanya adalah sebagai katup yang membuka dan menutup sesuai dengan drajat panas mesin gan. Ukuranya tertulis pada pringan katupnya.


Akhinya masalah teratasi, Karena tidak memiliki cadangan termostart pengganti, cukup direalease/tidak dipasang aja gan. jadi lalu lintas airnya tidak di buka tutup alias bablas, alhasil mesin jadi adem lagi, tapi inget gan ini hanya sementara, tar diganti ya setelah dapet yang baru. Untuk lebih jelasnya, nanti ane tulis keuntungan dan fungsi dari tersmostat.

Haaaahaaa Adem lagi mobilnya. Mantap