Wednesday, 18 March 2015

TIPS MEMILIH OLI MESIN BMW


Ok agan sebagai pembuka blog ini, kini kita bahas bagaimana cara memilih oli mesin yang tepat untuk BMW. yang terpenting adalah SAE, direkomendasikan  adalah 10 - 40. BMW banyak part yang memiliki celah yang sempit untuk jalannya sirkulasi oli mesin misalnya HVA, dan pada distribusi oli pada kepala silinder, berdasarkan pengalaman yang saya alami, pernah menggunakan oli 15 - 50 alhasil mesin mobil saya amblas semua, dikarenakan oli yang tersumbat. Karena oli dengan SAE 15 - 50 lebih kental, oli 10- 40 lebih encer, untuk rekomendasi merek sesuaikan dengan buget aja ya gan, banyak berbagai macam merek oli yang bisa dipakai.

Nah gan kebetulan ane pakai Fastrone 10-40 gan "saya cinta ploduk - ploduk indonesia"  aman ko gan, kalo pengen lebih bagus pakai castrol magnetik 10 - 40 itu lebih mantap gan.

Nah ini gan penjelasan singkat tentang SAE.

Oli mesin umumnya ada 2 jenis gan. Oli Mineral (Base Oil) yg berasal dari hasil tambang minyak bumi yg diolah kemudian ditambah aditif. Kemudian, Oli Sintetis (Synthetic Oil) yg berasal dari Polyalphaolifins yang datang dari bagian terbersih dari pemilahan dari oli mineral, yakni gas. Senyawa ini kemudian dicampur dengan oli mineral. Inilah mengapa oli sintetis bisa dicampur dengan oli mineral dan sebaliknya.

Sering kita mendengar kata SAE 20, SAE 50. Apakah SAE itu?
SAE (Society of Automotive Engineer) adalah lembaga standarisasi seperti ISO, DIN, JIS yang mengkhususkan diri di bidang otomotif


SAE 10W-40
Oli ini dpt dipakai pd kondisi dingin suhu -20 s/d -25 celcius dan suhu 150 celcius.
Oli ini relatif irit BBM namun Kurang baik untuk perlindungan mesin (untuk kondisi jalan sering macet & beban berat, )
Oli tipe ini kudu sering2 ganti.

SAE 15W-40
Oli ini dpt dipakai pd kondisi dingin suhu -15 s/d -20 celcius dan suhu 150 celcius.
Oli ini paling pas untuk kendaraan mesin diesel.

SAE 20W-50
Oli yg dpt dipakai pada kondisi dingin suhu -10 s/d -15 celcius dan suhu 150 celcius.
Oli jenis ini relatif kurang efisien dlm BBM, namun sangat jos gandos dalam perlindungan mesin.

SAE 15W-50
Kurang lebih hampir sama dengan SAE 20W-50 bedanya lebih encer saja.

Jadi saran ane mendingan agan pakai sae 10-40, memang mahal dikit dari yang SAE nya 15-50, tapi kalau mesin rontok mahalan mana ?