Wednesday, 18 March 2015

OLI TRANSMISI BMW M40

Kali ane pengen bahas pengalaman ane ada saat mengganti oli transmisi BMW M40 Manual ane, singkat cerita ane kebengkel terdekat dirumah ane, bukan bengkel spesialis BMW gan hanya bengkel umum biasa gan, tapi jangan khawatirgan ane cuma butuh tenaganya aja, tetap ane yang komandoin tu mekanik hahahaaaaaa, . . . wajar gan mekanik kampung gan agak ngeri kalau pegang mobil eropa apalagi BMW "ngeri salah dikit bisa fatal" tutur sang mekanik,
sigkat cerita udah bongkar aja tar ane yang tunjukin caranya, heeeeeeheee . . . ane yang tanggung jawab, Nah setelah itu diturunin tuh olinya dan ternyata olinya ko encer ya bilang sang mekanik, nah loh gua juga bungung kenapa ko encer mobil ane kan manual seharusnya agak kental.
Jadi gini gan oli untuk transmini ada 2 type MTF dan ATF
ATF = Automatic Transmision Fluide
MTF = Manual Transmision Fluide
Jadi kalau mesin agan manual pake MTF, Kalo Matic Pakai ATF, tapi mobil ane manual ternyata olinya ATF, ane juga bingung, tapi tenang dulu gan, Ane pake ATF dikarenakan supaya pada saat ane lakukan perpindahan gigi, jadi lebih ringan dan lembut gan. ga masalah kok kalau mobil agan manual pake ATF, tapi di mesin M40 ya gan kalau untuk mesin yang lain ane belum pernah coba.

Takarannya nich gan,  di BMW M40 sekitar 1,5liter ya gan, Jadi agan beli 2 botol yang 1 liter ya,
Kebetulan ane Pake Prestone ATF gan, sisanya buat ganti oli selanjutnya ya gan. rekomendasi setiap 20.000Km ya gan harus di ganti. mendingan di ganti rutin gan dari pada giginya rontok wkwkwkwkwkwkwkwkwk . . . .
nich gambarnya.


Selamat mencoba ya gan.