Monday, 7 December 2015

CARA MEMBERSIHKAN EVAPORATOR AC BMW E36


Ada beberapa produk pembersih evaporator yang beredar di pasar. Salah satunya adalah Performance AC Cleaner dari Auto One Mechanica. Produk seharga Rp 150 ribu ini diklaim mampu membersihkan evaporator, menghilangkan bakteri, dan menebar aroma wangi layaknya mobil baru.

Sebelum disemprotkan, Anda harus terlebih dulu membuka tutup pada bagian bawah sopir, dan membuka saringan udara pada evaporator.

Keluarkan saringan AC dari rumahnya. Jika kotor, ganti sekalian agar tidak merepotkan. Dari sini terlihat blower AC yang mengembuskan udara ke eva­porator. Agar cairan pembersih dapat mencapai evaporator, dibutuhkan bantuan blower.

Embusan udara dimanfaatkan untuk mendorong busa pembersih ke dalam. Oleh kare­nanya, nyalakan kipas AC di posisi paling kencang, sedang­kan thermostat dimatikan.

Perlahan arahkan slang kaleng pembersih ke blower AC yang sedang berputar. Tekan penyemprot berulang-ulang agar busa masuk secara bertahap. Lakukan terus hingga busa pembersih habis dari botolnya.

Jangan khawatir jika dari kisi AC keluar busa. Bahan tersebut diklaim tidak berbahaya bagi kesehatan. Pun saat menempel di panel kabin, busa tetap dapat dibersihkan dengan mudah tanpa perlu khawatir merusak.

Saat busa pembersih sudah habis, biarkan kipas AC tetap berputar sekitar 15 menit. Guna­nya untuk memastikan seluruh bahan pembersih bekerja meluruhkan kotoran yang menempel di evaporator. Selesai, pasang kembali saringan AC dan glovebox, dan Anda pun dapat kembali beraktivitas.

Untuk membuktikan produk tersebut efektif membersihkan evaporator, lihat saja saluran pembuangan air AC di kolong. Dijamin, air yang keluar akan berwarna keruh karena kotor. Dan sekarang, kabin mobil tidak hanya wangi, namun juga lebih bersih dan sehat.


Sekian gan somoga membantu buat agan yang ingin hemat tapi AC masih dingin.