Monday, 7 December 2015

KERUSAKAN YANG SERING PADA BMW

Buat agan - agan penguna BMW,  saya ingin sedikit share tentang apa saja yang perlu diwaspadai tetang tunggangan anda khususnya BMW E36. Sedikit informasi bahwa BMW merupakan mobil mewah dengan harga spare part yang mahal, dan susah mencari bengkel khusus mobil tersebut. Tenang aja gan tidak semenakutkan itu buat yang ingin mencoba BMW. Karena sekarang sudah banyak orang mengenal BWM bahkan dipelosok seperti saya sudah banyak orang yang mengenal karakter mobil ini dan hampir yakin bahwa mobil tersebut layak menjadi pilihan.
Jadi tidak perlu khawatir buat pengguna BMW lainnya, Saya sekidikit berbagi informasi tentang kerusakan apa saja yang sering terjadi pada BMW, Mungkin bukan cuma pada BMW, bisa terjadi pada kebanyakan mobil lainnya. Nah berikut saya ringkas :

1. Kaki - kaki, Kenapa saya bahas pertama adalah kaki - kaki, Alasannya BMW adalah sedan mewah yang didesain untuk perkotaan dengan jalanan mulu, Wajar saja kalau kaki - kaki jadi musuh utama di indonesia karena belum cocok dengan jalan indonesia yang masih banyak disana sini jalan yang kurang layak. Untuk hanga komponen ini bisa di LIHAT DISINI, harga sebanding dengan kualitas mobil ini.

2. Keliastrikan, Dari segi kelistrikan yang paling sering adalah lampu foglam, dan lampu-lampu belakang karena usia pemakaian yang sudah lumayan, mungkin part ini sudah mengalami penurunan kualitas pemakaina.

3. Mesin, Mesin BMW dalam kategori bandel dan awet ya gan, karena terbuat dari material material yang berkualitas, Maklum mobil premium gan, Akan tetapi yang perlu diwaspadai pada sisi mesin adalah bagian airflow/airmass yang sering mengalami kerusakan, dan ciri kerusakan pada komponen ini adalah RPM yang tidak stabil dan tersendat. Perlu diketahui bahwa komponen ini masih dapat diperbaiki gan, Memang jika anda membeli dengan yang baru perlu merogoh kojek lembih dalam. Untuk biaya service sekitar 200 s/d 400k, atau agan bisa kerjakan sendiri dengan panduan DISINI, Untuk part mesin lain saya kira sama saja perawatanya dengan mobil lain.

4. Body/Chasis, Pada bagian ini tergolong cukup baik dan bagus jika dibandingkan dengan mobil lain, kerena sudah dilindung anti karat dan plat yang digunakanpun berkualitas terntunya jadi jangan khawatir dengan bagian ini, Namun adasaja bagian yang perlu ada perhatikan, Yaitu bagian bawah supir dan kokpit biasanya mengalami korosi. Penyelesaiannya anda bawa ke bengkel body repair ga lama ko pengerjaannya.

5. AC, Perlu diketahui Ac pada bmw sudah mengunakan teknologi cangggih, Bisa dibyangkan mobil era 90an BMW sudah mengadopsi sistem pengelolaan udara kabin hangat dan dingin, memang sih karena mobil ini berasal dari eropa, yang iklimnya sudah memenuhi syarat. Karena kecangihannya itu jika dugunakan di indonesia sering mengalami mal fungsi, mulai dari kebocoran, kurang dingin dll, Senarnya masalah tersebut sama terjadi pada mobil kebanyakan, Misal kurang dingin, karena cuaca dan debu bisa membuat sistem pendingin anda menjadi terhalang. dan pada kasus berikutnya adalah heater atau pemanas ruangan yang sudah tidak berfungsi, banyak pengguna BMW yang mengabaikan ini, Karena sangat jarang sekali di indonesia, dan mungkin tidak sama sekali.


OK itu saja sedikit ulasan tentang apa saja kesusakan yang sering terjadi pada BMW.
Sekian semoga bermanfaat. . .