Tuesday, 29 December 2015

PENTINGNYA SPOORING DAN BALANCING BMW


Pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana pentingnya mobil anda harus dilakukan spooring dan balancing secara berkala setiap 10.000km. Tujuanya untuk menyeimbangkan ban dan keselarasan roda depan.

Tujan utama dari proses spooring adalah untuk menyelaraskan antara posisi roda kanan dan kiri. Kabarnya, nama spooring itu sendiri diciptakan karena mengharapkan laju mobil yang lurus dan stabil layaknya kereta api (spoor).

Efek yang ditimbulkan dari tidak seimbangnya roda kiri dan kanan ini bisa membuat mobil limbung dan bahkan berat sebelah. Selain itu juga pada saat prosesi spooring dijalankan, dilakukan pula penyetelan camber atau kemiringan roda serta caster atau maju mundurnya roda.

Sedangkan balancing adalah untuk membuat putaran roda menjadi seimbang dan tidak goyang. Balancing dilakukan untuk menghindari adanya getaran pada roda kemudi pada saat mobil melaju.

Nah gan bila mobil anda sudah mengalami hal seperti diatas sebaiknya anda coba lakukan spooring dan balancing secara teratur, Jika masalah tersebut masih terjadi misalkan timbulnya getaran di rpm tinggi khusunya mobil dengan penggerak belakang (BMW) kemungkinan besar terjadi pada kopel atau mounting mesin anda. Lakukan balancing kopel dan lakukan penggantian mounting mesin anda.

Semoga informasi diatas bisa membantu.