Wednesday 2 December 2015

MESIN NGLITIK DAN KASAR BMW M40

Mesin bmw terkenal agak kasar jika dibandingkan dengan mobil - mobil keluaran jepang, namun perlu diketahui sekasar apasih mesin bmw, kali ini saya membahas mesin bmw m40, mesin kasar bmw memang khas akan tetapi jika anda sudah didalam kabin suasana sunyi dan tidak akan terdengar suara mesin. Suara kasanya tidak dibarangi dengan suara ngilik bak mesin jahit ya gan, hanya terdengar suara decitan injektor saja, jadi bilaman agan membeli mobil dengan mesin m40, harus teliti dan paham dengan karakter mesin ini.

Setelah bahas karakter mesin m40, lalu bagaimana jika mesin ini mengalami kasar dan nglitik ? sedikit saya share pengalaman dengan tunggangan saya, pada waktu itu saya pun penasaran dengan camsahft dan komponen kepala silinder lainnya, pelan pelan saya buka dan ternyata terdapat camshaft pada silinder no 1 dan 2 sudah aus. Usut punya usut hal tersebut terjadi karena kelalaian saya menggati oli mesin dengan sae 20 - 50 dan tidak mengganti filter oli, dan akhirnya tidak ada aliran oli pada silinder 1 dan 2, Segera saya bongkar tanya kebengkel spare part menanyakan harga camshaft sekitar 1,5jt pada waktu itu, karena bujet lagi seret akhirnya punya ide untuk mengakali dengan biaya yang minim, alhasil saya hanya membubut camshaft supaya rata dengan no 3 dan 4 saya bawa ketukang bubut biayanya hanya 30rb untuk satu titiknya. saya anggap murah jika dengan membeli baru. akan tetapi tidak menjamin kekuatanya ya gan.


Sekalian dibubut komponen yang haus lainnya seperti rocker arm ( platuk ) Setelah selesai dan dipasang kembali, mesin menjadi halus dan bunyi ngiliknya hilang, dan jangan lupa ganti oli dan filternya yang rutin ya gan supaya tidak terjadi kembali. Jika anda kurang paham untuk menbongkar pasangnya serahkan kepada ahlinya ya gan dan jelaskan pengalaman saya diatas. Semoga bermanfaat ya gan.

No comments:

Post a Comment